Jumat, 19 Februari 2016

TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)


Bab 1 : Pengenalan Internet.

001. Internet berasal dari bahasa latin, yaitu inter yang berarti antara. Internet kepanjangan dari Interconnected Network,  yang berarti jaringan-jeringan komputer yang saling terhubung.Internet yang dikenal mengacu kepada gabungan jaringan komputer di seluruh dunia. Jadi, Internet adalah kumpulan komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya dalam sebuah jaringan.
2 Peran Internet yang sangat penting adalah :
a. Sebagai sumber data dan informasi.
b. Sarana pertukaran data dan informasi.

- Dampak Positif dan Negatif dari Penggunaan Internet.-

a. Dampak Positif :
1. Sumber Penghasilan.
2. Sumber Informasi.
3. Media Komunikasi 
4. Kemudahan berbisnis.

b. Dampak Negatif :
1. Penipuan
2. Pornografi
3. Mengurangi Sifat Sosial
4. Kecanduan.
5. Cyber-bullying.




002. Intranet sendiri adalah konsep LAN (Local Area Network) yang mengadopsi teknologi internet. Diperkenalkan pada tahun 1995. Umumnya jaringan intranet (LAN) dimiliki oleh perusahaan atau organisasi tertentu untuk menghubungkan komputer-komputer yang terdapat di dalam gedung atau kantor. (Intranet adalah jaringan komputer lokal, sedangkan Internet adalah jaringan komputer global.)

Keuntungan dari Intranet dalam organisasi atau perusahaan yaitu, produktivitas kerja, efisiensi waktu, efektivitas biaya, sistem publikasi web, keseragaman biaya dan lain sebagainya.  

Dan kelemahannya adalah, informasi yang salah atau tidak sesuai dapat juga beredar melalui intranet sehingga dapat mengurangi efeksivitas, pertimbangan keamanan data, diperlukan latihan atau training untuk mendidik anggota atau karyawan untuk menggunakan intranet, bebasnya pengiriman pesan antar pengguna dapat menjadi overload (data penuh) jika tidak dikopntrol dengan baik dan lain sebagainya.


003. Sejarah Internet.

Internet adalah jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat tahun 1969 melalui proyek ARPA (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX.Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu  Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, dan University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969.ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.
004. Aplikasi-Aplikasi dari Internet.

a. World Wide Web (WWW) adalah dokumen-dokumen internet yang disimpan di server-server yang terdapat di seluruh dunia. Dokumen web dibuat dengan menggunakan format HTML.

b. E-mail (Electronic Mail) yaitu salah satu kemudahan atau aplikasi yang paling banyak di internet,karena e-mail merupakan alat komunikasi yang paling murah dan cepat..E-mail juga dapat digunakan untuk mengirim file-file(program gambar,grafik dsb)
c. Mailing List(MILIS) adalah aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui e-mail.Milis merupak bentuk lain dari e-mail dan memiliki sifat yang sama dengan e-mail.
d. Newgroup yakni, forum pebincangan atau boleh dibayangkan sebagai suatu tempat dimana terdapat ruangan-ruangan perbincangan yang unik,dan tiap-tipa ruang memiliki topik perbincangan yang berbeda.
e. Internet Relay Chat(IRC) yaitu aplikasi internet yang digunakan untuk bercakap-cakap di internet atau yang biasa disaebut dengan istilah chatting.
f. File Transfer Protocol(FTP) adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengirimkan atau mengambil file ke atau dari sebuah komputer lain.Digunakan untuk mencari dan mengambil(dwonload) arsip file di suatu server di internet.FTP juga digunakan untuk meng-ulpoad file materi situs(homepage) sehingga dapat diakses oleh pengguna dari pelosok dunia.
g. Gopher yaitu aplikasi yang digunakan untuk mencari informasi yang ada di internet.Namun informasi yang dicari hanya terbatas pada teks.

BAB 2 : Jaringan Komputer 

          001. Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer, serta perangkat- perangkat lain pendukung komputer yang saling terhubung dalam suatu kesatuan.
Tujuan jaringan komputer adalah sebagai komunikasi contohnya surat elektronik, instant messaging, dan chatting. Juga dapat sebagai akses informasi  misalnya, web browsing, dan juga membagi sumber data contoh, CPU, memori, dan harddisk.

 Tahun 1940 merupakan tahun dimana munculnya konsep jaringan komputer di Amerika. Konsep itu digagas oleh proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset University Hrvard yang dipimpin profesor Howard Aiken. Pada awalnya proyek itu hanya ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer untuk digunakan bersama. 

Di tahun 1950 an, ketika jenis komputer mulai membesar sampai terciptanya super-komputer, maka sebuah komputer mesti melayani beberapa terminal. Untuk itu ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu, yang dikenal dengan nama TSS ( Time Sharing System ), maka untuk pertama kali bentuk jaringan ( network ) komputer diaplikasikan. 

002. Jenis- jenis Jaringan Komputer, yaitu,
1. Jaringan Berdasarkan Metode Distribusi Data
Berdasarkan distribusi datanya, jaringan komputer dibagi menjadi :
a. Jaringan terpusat, terdiri atas beberapa komputer terminal yang terhubung ke komputer induk (host).
b. Jaringan terdistribusi, terdiri atas beberapa komputer induk yang terhubung dengan berbagai terminal.

2. Jaringan Berdasarkan Hubungan Fungsional Komputer dalam Pemrosesan Data.
a. Jaringan client-server, Dalam model ini ada komputer yang berfungsi sebagai administrator atau pengelola jaringan yang disebut server dan ada komputer yang bertindak sebagai pengguna layanan yang disebut dengan client..
b. Jaringan peer to peer, Model ini digunakan untuk jaringan kecil. Biasanya hanya terdiri dari atas beberapa komputer.
 
3.Jaringan Berdasarkan Jangkauan Wilayahnya.
a. Local Area Network (LAN) ,Jaringan komputer yang mencakup daerah kecil seperti rumah, kantor dan sekolah.
b. Metropolitan Area Network (MAN), Bisa dikatakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan teknologinya sama dengan LAN. 
4. Penggolongan Jaringan Berdasarkan Metode Koneksinya
a. Jaringan berkabel, yaitu jaringan yang menggunakan kabel untuk menghubungkan anggota jaringan.). 
b. Jaringan nirkabel, yaitu jaringan yang menggunakan gelombang radio untuk koneksi antar anggota jaringan, contoh, teknologi WIFI (wireless fidelity).
 
5. Jaringan komputer berdasarkan tropologinya
a. Bus : Topologi ini biasanya digunakan pada instalasi jaringan berbasis fiber optic, kemudian digabungkan dengan topologi star untuk menghubungkan client atau node.
b. Star : Topologi jaringan yang biasanya menggunakan switch/ hub untuk menghubungkan client satu dengan client yang lain.
c. Ring : Topologi jaringan yang menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya dalam suatu rangkaian melingkar, mirip dengan cincin.
d. Mesh : Berfungsi sebagai jalur backup pada saat jalur lain mengalami masalah.
e. Peer to peer : Topologi yang sangat sederhana dikarenakan hanya menggunakan 2 buah komputer untuk saling terhubung.
f. Linier  : Biasaya disebut topologi bus beruntut
g. Tree : Biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan hirarki yang berbeda-beda.
h. Hybrid : Merupakan topologi gabungan antara beberapa topologi yang berbeda








003. Protokol Jaringan Komputer adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Dibagi 4 :

1.HTTP ( Hypertext Transfer Protocol) merupakan protokol yang digunakan untuk mentransfer dokumen dalam WWW ( World Wide Web ).
2.SMTP ( Simple Mail Transfer Protocol ) adalah protokol yang umum digunakan untuk pengiriman surat elektronik di internet. Untuk mengirimkan data dari komputer pengirim surat elektronik ke server surat elektronik penerima.
3.TCP/IP (Tranmission Control Protocol/ Internet Protocol) Merupakan sekumpulan protokol yang melakukan fungsi komunikasi data antarkomputer dalam sebuah LAN atau WAN.
4.FTP ( File Transfer Protocol ) merupakan layanan protokol antarkomputer yang dapat saling mengirim file, baik berupa teks maupun gambar.

004. Perangkat Keras Jaringan Komputer yaitu
 
a. Terminal. Jenis-jenis terminal antara lain,

  • Terminal pengumpulan data.
  • Terminal khusus.
  • Terminal keyboard.
  • Terminal telephone tombol.
  • Terminal titik penjualan ( Point of Sale ).
b.  HUB atau Concentrator.
c. Switch.
d. NIC ( Network Interface Card ).
e. Router.
f.  Kabel ada dua jenis yaitu,
    a. Thick Ethernet (Thicknet).
    b. Twisted Pair Ethernet.
g. Modem.
h. Repeater.
i. Bridge.

0 komentar:

Posting Komentar