Kamis, 18 Februari 2016

Pelajaran Bahasa Indonesia.


BAHASA INDONESIA : TEKS EKSEMPLUM.


Teks eksemplum adalah genre cerita yang bekaitan dengan insiden yang ada di dalamnya terdapat beberapa hal yang menjadi insiden, yang dapat berkesimpulan tentang nilai, amanat, ataupun pelajaran yang berharga oleh pembaca.
Inti dari teks eksemplum tidak terletak pada cerita yang ada di dalam teks, melainkan terdapat pada nilai atau pelajaran yang ingin disampaikan melalui ilustrasi cerita yang disampaikan.

Struktur dari teks Eksemplum adalah :
-Abstrak :
                 Pengantar yang menggambarkan peristiwa yang akan diceritakan.
-Orientasi :
                 Orientasi merupakan bagian awal teks eksemplum. Biasanya bagian ini berisi tentang pengenalan tokoh.
-Insiden :
                  Insiden merupakan bagian kedua dari teks eksemplum. Bagian ini merupakan peristiwa yang berisi persoalan yang dihadapi oleh si tokoh, Insiden merupakan bagian kedua dari teks eksemplum. Bagian ini merupakan peristiwa yang berisi persoalan yang dihadapi oleh si tokoh.

-Interpretasi :
                Interpretasi merupakan pesan moral, evaluasi, dan akibat masalah yang dilakukan oleh si pemain.

-Koda :
                Bagian penutup cerita, dengan pesan moral dari teks yang telah diceritakan.

                                        Dalam penyusunan teks eksemplum, terdapat ciri-ciri kebahasaan, antara lain berupa penggunaan kalimat kompleks, kata rujukan, kata hubung atau konjungsi. Ciri-ciri dari teks eksemplum adalah, berisi peristiwa yang tidak diinginkan terjadi, menunjukkan urutan peristiwa yang jelas, menggunakan bahasa naratif.Telaah terhadap teks eksemplum bisa dilakukan terhadap struktur isi maupun dari segi bahasa.


                                                                    BAB   2

                     Teks Tanggapan Kritis adalah teks yang berisi kritik tajam terhadap suatu hal yang mengenai kesalahan, disebut juga menganalisi sebuah isu atau masalah yang terjadi di sekitar. Teks ini dapat berupa respons pribadi atau reviu. Di dalam teks tanggapan kritis, ada berupa pujian dan juga kritikan.

Struktur dari teks tanggapan kritis adalah : 

a. Evaluasi, merupakan bagian pertama dalam Teks Tanggapan Kritis. Bagian Evaluasi berisi pernyataan umum tentang apa yang akan disampaikan penulis dalam teks. 
b. Deskripsi Teks, merupakan bagian kedua atau lebih jelasnya adalah bagian isi dalam Teks Tanggapan Kritis. Bagian Deskripsi Teks ini memuat informasi tentang data-data dan pendapat pendapat yang mendukung pernyataan atau melemahkan pernyataan. 
c. Penegasan Ulang, merupakan bagian ketiga teks atau lebih jelasnya adalah bagian terakhir teks yang berisi penegasan ulang terhadap apa yang telah dilakukan atau yang telah diputuskan.
 
Unsur kebahasaan yang ada di dalam teks ini adalah kalimat simpleks, kalimat kompleks, konjungsi kata, dan pilihan kata.    Menyunting teks berarti menyiapkan naskah agar siap terbit dengan memperhatikan segi sistematika penyajian, isi, dan bahasa. Penyajian naskah ini meliputi ejaan, diksi, dan struktur kalimat.

Langkah-langkah meringkas teks tanggapan kritis, yaitu :
a.      Membaca teks tanggapan kritis dengan saksama.

b.      Mengidentifikasi inti sari teks tanggapan kritis yang sudah dibaca.

c.       Menyusun teks tanggapan kritis dalam bentuk ringkasan.

0 komentar:

Posting Komentar