Minggu, 21 Februari 2016

SBK

BAB 1
 
1. Seni Lukis
Melukis adalah kegiatan mengolah medium 2 dimensi dari objek 3 dimensi untuk mendapat kesan tertentu, dengan melibatkan ekspresi, emosi, dan gagasan pencipta secara penuh.
Representatif
Secara umum seni lukis adalah sebuah pengembangan dari menggambar, biasanya memiliki ciri khas sendiri.
Aliran Gaya Lukis adalah ciri khas, tema, dan teknik yang ada dalam karya lukisan. 
Aliran seni lukis : 
a. Representatif
- Perwujudan gaya seni rupa yang menggunakan keadaan nyata pada kehidupan masyarakat dan gaya alam. Dibagi 3, yaitu :
  • 1. Naturalisme ( Sesuai dengan keadaan alam. Cth. Pelukis : Basuki Abdullah, Abdullah Surya Broto, Mas Pringadi, Wakidi, Claude, Rubens, Constabel, dan Indra Rukmana)
2. Realisme ( Memandang dunia tanpa ilusi, tidak menambah apapun. Cth, Pelukis :  Trubus, Wardoyo, Tarmizi, S.Sudjono, Pullah, dan Hendry Soedjo)
3. Romantisme ( Bersifat imajiner. Berlukiskan cerita-cerita yang dramatis. Cth. Pelukis : Raden Saleh, Fransisco Goya, dan Turner.)


b. Deformatif
-Adanya perubahan bentuk dari aslinya hingga menghasilkan bentuk baru namun tidak meninggalkan bentuk dasar aslinya. Alirannya :
  • Ekspresionisme ( Sesuai dengan keadaan jiwa sang pelukis yang spontan pada saat melihat objek karyanya. Cth. Pelukis : Vincent van Gogh, dan Affandi)
  • Surialisme ( Menyerupai bentuk yang sering ada dalam mimpi. Cth. Pelukis : Salvador Dali)
  • Kubisme ( Berupa bidang segi empat. Cth. Pelukis : Pablo Picasso, Bur Mochtar, Srihadi, Fajar Sidik, dan Mochtar Apin)

c. Non-Representatif 
- Suatu bentuk yang sulit untuk dikenal karena sudah meninggalkan bentuk asli, lebih menekankan unsur formal, struktur, unsur rupa, dan prinsip estetik. Cth. Pelukis : Amry Yahya, Fajar Sidik, But Mochtar, dan Sadali.

3. Tema Seni Rupa
  • Hubungan antara manusia dengan dirinya
  • Hubungan manusia dengan manusia lain
  • Hubungan antara manusia dengan alam sekitar
  • Hubungan manusia dengan benda
  • Hubungan antara manusia dengan aktivitasnya
  • Hubungan antara manusia dengan alam khayal

4. Alat dan Bahan Berkarya Seni Lukis
  • Pensil, kode b menunjukkan jenis pensil lunak dan hitam yang terdiri dari kode B, 2B, 3B, sampai 6B, kode H menunjukkan jenis pensil keras dan terdiri dari kode H, 2H, 3H-6H.
  • Pensil Arang (Contee), terbuat dari arang halus dan biasa digunakan untuk menggambar potret. Sifatnya hitam pekat, dan agak sulit dihapus.
  • Pastel dan Krayon, pastel biasanya terbuat dari bahan kapur dan bahan pengikat cair dan transparan, untuk mengikat pigmen dengan kapur. Warnanya lembut. krayon dari bahan kaolin dengan tepung warna sehingga terlihat mengilap dan keras. Banyak mengandung lilin hingga warnanya berminyak.
  • Pena 
  • Tinta Bak, warnanya hitam pekat dan tidak luntur jika terkena air.
  • Cat, cat Air ( Water colour= Transparan , dan Poster Colour= Plakat), cat Minyak
  • Kuas, jenis yang pipih dan berujung lurus datar dipakai untuk cat minyak,dan kuas dengan bulu berbentuk bulat dan berujung runcing untuk cat air.


BAB 2 

 Bab II (Lagu Tradisi dan Lagu Modern)

Bernyanyi Unisono
bernyanyi unisono adalah bernyanyi satu suara atau menyanyikan melodi. lagu-lagu daerah merupakan kekayaan dan warisan budaya indonesia yang dapat dinyanyikan secara unisono.

Lagu Daerah
Lagu daerah atau musik daerah atau lagu kedaerahan, adalah lagu atau musik yang berasal dari suatu daerah tertentu dan menjadi populer dinyanyikan baik oleh rakyat daerah tersebut maupun rakyat lainnya. Pada umumnya pencipta lagu daerah ini tidak diketahui lagi alias noname.

Lagu Modern
lagu modern adalah lagu yang lirik dan syairnya berasal dari bahasa nusantara dan lahir karena perkembangan budaya yang modern,instrumen pengiringnya pun modern

Menggubah Lagu Daerah secara Unisono

Pengertian Aransemen

Aransemen (bahasa Belanda: arrangement, bahasa Inggris: arrangement) adalah penyesuaian komposisi musik dengan nomor suara penyanyi atau instrumen lain yang didasarkan pada sebuah komposisi yang telah ada sehingga esensi musiknya tidak berubah.

Membuat Aransemen
a. menentukan melodi pokok
b. menentukan irama/ritme
c. mencoba hasil aransemen sesuai bentuknya

Menampilkan Hasil Aransemen
a. Pemain
b. Instrumen/alat musik
c. Pemimpin
d. Partitur

Menggubah Lagu Modern untuk Vokal Group
vokal group adalah kumpulan beberapa penyanyi yang tergabung dan menyanyikan lagu dengan ketinggian suara yang berbeda,antara lain sopran,alto,bass dan tenor.

Ciri-Ciri Vokal Group
a. kelompok penyanyi yang memiliki karakter warna yang berbeda

b. penggarapan yang bebas dengan pembawaan yang bagus
c. lebih cenderung ke pop style
d. sering menggunakan back vocal (suara latar)
e. mengutamakan improvisasi
f. dalam penggarapannya selalu ada intro,interlude,dan coda

Pembagian Peran Dalam Vokal Group

1.Lead Vocalist
lead vokal adalah bagian yang mengharuskan penyanyimenyanyikan lagu dengan nada yang paling tinggi dan powerfull dari yang lainnyapada nada-nada tertentu (dalam lagu ber-genre Ballad sering kita jumpai).

2.Main Vocalist

main vokal adalah bagian vokal dengan nada suara yang sedang,artinya, tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah (biasanya Main Vocal Groupsering mendapat jatah menyanyikan lagu paling banyak).

3.Sub Vocalist
sub vokal adalah bagian vokal yang setingkat lebih rendah dari mainvokal (sub vokal biasanya mendapat bagian lagu yang paling sedikit), Sub Vocalterkadang juga menjadi Sub Rapper.

4.Vokalist
Vokalis adalah bagian vokal yang hampir sama dengan Sub Vokal, hanyasaja biasanya Sub Vokal merangkap menjadi Sub Rapper, tapi kalau Vocalistbiasanya menjadi Back Sound ketika Lead Vokal bernyanyi.

5.Lead Rapper
lead rapper adalah bagian rapper yang sering menyanyikan lagurapper dalam vokal group, biasanya lead rapper menyanyikan lagu dengan suarayang hampir sama, yaitu suara yang terdengar lebih lembut dari Main Rapper atau Sub Rapper.

6.Main Rapper
rapper utama adalah bagian rapper yang menyanyikan lagu rapper dengan bagian yang lebih sedikit dari lead rapper, biasanya suara main rapper sedikit lebih cepat dalam bernyanyi daripada lead rapper.

7.Sub Rapper
sub rapper adalah bagian rapper yang biasanya bernyanyi setelahsuara main rapper, sub rapper sering merangkap menjadi Sub Vokalis, karena suara sub rapper yang dituntuk lebih lembut dari main rapper atau lead rapper

0 komentar:

Posting Komentar